Check out Idealis Penyelaras

Posted On October 26, 2009

Filed under 1

Comments Dropped leave a response

syukur…..

Posted On October 25, 2009

Filed under suka-suka

Comments Dropped leave a response

Oleh-oleh dari kunjungan ke orang shalih selalu saja mengagumkan, pada suatu ketika kami bersilaturrahim ke rumah Ning Sus (Ning sebutan untuk kerabat Kyai yang perempuan), disana kami mendapatkan tausiyah tentang haji, umroh dan banyak lagi yang lainnya.

Salah satu yang menarik adalah cerita beliau ketika bersama denga seorang teman yang Allah mengeruniakan kepada beliau kekayaan yang berlimpah, pada suatu ketika Ning Sus dan  teman beliau menginap di sebuah hotel elit di daerah Surabaya dalam kamar yang mewah, semua fasilitas terpenuhi gaya orang elit, saat itu teman beliau memanggil dan menyuruh untuk melongok ke bawah (kebetulan kamarnya di lantai 2 )

“liat tuh ning sus, si Mamat (bukan nama sebenernya mode on….seorang tukang becak), enaknya ya tidurnya” kata beliau sambil menunjukke bawah.

Dan kebetulan si mamat sedang tidunr dengan nyamannya di atas becaknya. “kenapa memang ??” .

“ ya itu ning, masak tidurnya nyenyak banget, padahal kan rame deket jalan, saya aja tidur di spring bed, pake ac, gak bisa tidur senyenyak itu, harus pake obat tidur dulu….” Kata beliau lagi.

“ saya pengen ngrasain jadi miskin kayak si Mamat, enak banget tidurnya”

“Subhanallah ….”

Kita patut berkaca lagi……sesyukur apa kita dengan keadaan kita sekarang, ibu tersebut mungkin merasa bahwa kekayaan tidak menjamin orang bisa tidur dengan nyenyak, buktinya si Mamat yang tukang becak saja nyaman tidur tanpa harus menggunakan obat tidur, bahwa kekayaan juga tidak bisa menjamin orang bisa makan enak, contohnya ibu tersebut juga harus suntik insulin dulu sebelum makan, ada pantangan ini itu karena terserang DM, sekali lagi bahwa kebahagiaan tidaklah diukur dari banyaknya harta, namun bagaimana kita menyikapinya, mungkin si Mamat tak perlu menjadi kaya untuk bahagia, dan ibu tersebut juga tidak perlu menjadi miskin untuk bisa tidur seperti Mamat,

Trus kuncinya apa ¿? Kembalikan semua pada syukur dan sabar kita, maka hati menjadi tenang, jiwa menjadi lapang, dan kebahagiaan akan datang insya Allah……….

obat…..

Posted On October 25, 2009

Filed under suka-suka

Comments Dropped leave a response

‘‘terkadang kita tidak bisa menerima skenario Allah

Karena kita lemah………..

Kita lemah karena posisi hati kita salah….

Maka seharusnya kita harus segera berbenah………”

Sungguh sms pagi itu menyadarkanku dari sesaknya dada dan gelisahnya hati

Sekali lagi disadarkan bahwa kekuatan hati mempengaruhi penerimaan kita terhadap takdir Allah, salah memposisikan hati menyebabkan kita menjadi tidak Ikhlas, lupa bahwa segala sesuatu hanya Allah yang berhak memutuskan, dan manusia sebatas hanya bisa merencanakan.

Maka sekali lagi kita harus berbenah, menyucikan hati kembali, percaya bahwa segala sesuatu Allah-lah yang memberikan, kita sebagai manusia hanya bisa berdo’a agar bisa diberikan yang terbaik…………….dan terbaik disini adalah terbaik dalam persepsi Allah…sekali lagi bukan persepsi manusia.

Karena keyakinan bahwa hanya Allah-lah yang punya kuasa atas apapun yang terjadi pada diri kita akan membuat kita mampu menerima apapun yang dikehendakiNya untuk kita, karena Allah Maha Kuasa, Dia mempunyai kejutan untuk hambaNya, karena Allah Maha Pengasih , Dia tak akan pernah meninggalkan hambaNya dalam kebingungan.

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar) “ (At-Thalaaq : 2)

Maka Ya Allah jagalah hati hamba setiap waktu, ajarkan hamba bersabar atas semua ujianMu, ajarkan hamba bersyukur atas semua karuniaMu setiap waktu, semoga apa-apa yang menjadi keridhoanMu dapat menjadi keridhoanku dan keridhoan orang-orang yang aku cintai. Sungguh telah kulangitkan do’a-do’aku, genggam dan kabulkanlah pada saat yang tepat “

Negeri para pemecah batu

Posted On October 25, 2009

Filed under suka-suka

Comments Dropped leave a response

Oktober 2008

Pertama kali pergi ke Pacitan..untuk sebuah petualangan….

Menyenangkan karena ku menyukai alam dan jalan-jalan he2..jalannya yang berkelok membelah bukit mati…sungainya yang lebar nemun kering karena kemarau..tak sanggup ia menghidupi warga dan pohon sekitarnya dengan air..namun ia menghidupi warga dengn sesuatu yang lain yang ia punya……badan sungai yang kering terlihat artistic oleh batu-batu besar yang tersembul dan kelihatan eksotis…kamarau memang menyuguhakan pemandangan lain saat kering….mungkin bila air telah penuh batu-batu besar nan cantik itu tak akan muncul disana

Pertma kali melihatnya..aku merasa aneh..pada gubuk-gubuk kecil yang berada dipinggir kali…isinya para nenek yang dengan tangan keriputnya memecah batu-batu kali menjadi serpihan-serpihan kecil yang rapuh…sama dengan kerapuhan badan mereka……..

Itulah para pemecah batu..yang menghidupi dirinya dan mungkin seluruh keluarganya dari pecahan batu yang mereka hasilkan tiap harinya..Subhanallah..betapa aku malu pada beberapa menit yang lalu merasa tak puas atas kenikmatan pekerjaan yang kau anugerahkan ya Rabb….nenek-nenek itu aku tak tahu sejak kapan mereka bekerja disana..mungkin sejak masih muda..(dimana kini kaum muda tak lagi menganggap pekerjaan itu bisa diandalkan untuk menyambung hidup)…….

Teringat sebuah kisah..

Dahulu ada seorang sahabat pencari kayu bakar yang selalu menyembunyikan tangannya dari Rasulullah..sampai akhirnya pada suatu ketika terlihatlah oleh Rasulullah tangannya yang kasar..penyebab malunya ia di hadapan sang kekasih Allah adalah  tangannya yang kasar, yang menurutnya tak pantas bersentuhan dengan Rasulullah…namun Rasulullah pun tersenyum..meraih tangannya dan mencium tangan sahabatnya yang kasar itu..beliau berkata..inilah tangan yang akan dilindungi Allah dari jilatan api neraka, karena tangan ini telah bekerja keras untuk mencari rizki yng halal..

Dan Allah langsung menunjukkan padaku..lewat para pemecah batu..manusia di pinggir jaman yang setia pada perjuangannya

Yah..disini , di negeri peemecah batu..dimana kesyukuran menjadi nyanyian sehari-hari…dan wajah lelah menjadi wajah paling mempesona yang pernah kulihat

Lewat hamdalah..maka segala hal dapat begitu menentramkan

Maka ya Allah…ajari aku untuk selalu membasahi lidahku dengan hamdalahMu…agar sejuk senantiasa dalam hatiku…dalam jiwaku…dan aku selalu siap menerima apapun yang ENGKAU berikan untukku

my…..

Posted On October 25, 2009

Filed under poem

Comments Dropped leave a response

Kelompok kita kawan….

Menjadi saksi indah salah satu episode kehidupan

Yang terangkai dalam kata-kata hikmah

Mengisi tiap kekosongan jiwa

Menjernihkan hati

Menyejukkan jiwa

Sepenggal kisah dalam perjalanan hidupku bersamamu

Saat kita dipertemukan…

Saat hati tertautkan…..

Saat tak ada lagi yang bisa tersampaikan selain indahnya cinta

Dalam tawa canda yang mewarnai pertemuan2 kita

Membubuhkan goresan yang tak lekang dihapus masa

Sahabat……..

Saat ikrar itu terukir dalam hati, terpatri dalam janji

Maka saat itulah kau menjadi salah satu simfoni dalam bait-bait sajak hidupku

Maka ketika Allah merangkai skenario kita

Pada akhirnya nanti…………….

Saat untaian kalimat perpisahan akan terdengar

Tak mau ditemui namun tak bisa dipungkiri

Biarkanlah jarak hanya akan menghalangi pandanganku akan sosokmu

Tapi jemari ini akan selalu menggenggammu dalam hatiku

ketika kau menjejakkan langkah terakhirmu bersamaku

Ijinkan aku kembali mengucapkan bait cinta ini

Dalam separuh malamku mengenangmu…..

semoga Allah memengijinkan pertemuan kita di Surga

di atas mimbar cahaya

dimana kesyukuran mengenalmu menjadi tangga menuju kesana

karena hanya dengan cinta-Nya

ana uhibbuki fillah ………….

rahasia kata

Posted On October 25, 2009

Filed under poem

Comments Dropped leave a response

Dia…..

Sebuah chemistry

Yang tak pernah terduga

Mungkin datang dalam santun kata

Mungkin hadir dalam gelak tawa

Atau hanya dalam maya

Mengingat satu kata

Biarlah chemistry itu datang ketika hati telah siap menerima

Ketika hati tak perlu disadarkan itulah cinta

Ketika muara hati telah terisi sejuta makna yang tanpa penjelasan-pun kau tahu artinya apa

syukur……

Posted On October 25, 2009

Filed under poem

Comments Dropped leave a response

Morning is a wonderfull blessing

Either stormy or sunny

It stands for hope

Giving us another start of what we call life

Jika kita senantiasa memulai pagi dengan rasa syukur

Syukur…dengan nikmat sekecil apapun

Yakinlah bahwa kita pasti bisa merasa kaya

Memiliki segalanya

Mulailah dengan syukur

Mulai hari ini…………..

Musibah….hikmah, anugerah, n…..golongan darah

Posted On October 24, 2009

Filed under My profesi....

Comments Dropped leave a response

What’s up!!!! jam masih menunjukkan pukul 23.30 wib saat hp terchayank berbunyi…..”one message received” dari Serta (ratu sms yang kadang ngirim sms gak penting karena kebanyakan gratisan…korban iklan!!!!) isinya……”tadi sore q n Made kecelakaan, aku dijahit tujuh jahitan  n barusan dirontgen..tapi syukurlah gak apa2 he2…maap ya memberi kabar buruk tengah malam” (nyadar diri……), setengah sadar…q matikan hp n ngalanjutin mimpi yang kepotong, baru besok paginya saat pikiran jernih n mutabaah…tiba2 keinget kalaw tadi malam dapat sms heboooh……..

Ternyata setelah mengalami pengusutan lebih lanjut….sms tengah malam itu benar adanya, kecelakaan maut yang menelan korban luka2 itu diawali dari keberanian luar biasa Made mempercayakan kendali sepeda motor kepada Serta dan mengikhlaskan diri menerima segala resiko yang akan diterima dengan duduk di kursi penumpang (secara……sudah jadi rahasia umum klaw Serta belum fasih mengendalikan sepeda motor di jalan umum, nb: dia bisanya naik sepeda motor di jalan lurus, sepi dan rata contohnya di lorong RS, teras rumah…n kamar tidur ) walhasil………terjadilah insiden kejatuhan itu di belokan jalan sekitar 1 km dari puskesms tempat kami praktek. Untungnya pada saat itu jalan lagi sepi (intinya bukan kecelakaan/tabrakan lalu lintas tapi jatuh gara-gara kepleset he2) n mereka berdua gak nyemplung ke sungai yang pas berada di samping jalan. Akibat benturan di kepala, Made mengalami pusing dan luka “babras” di bagian tangan, kaki dan wajah sebelah kirinya…..sebagai supir Serta cukup bertanggung jawab dan berfisik kuat untuk tidak pingsan saat itu juga (bagus karena bukan tanda bahaya untuk cedera kepala), maka oleh para saksi mata…kedua korban pun dibawa kembali menuju puskesmas untuk mendapatkan perawatan dari tim medis….(hasilnya dengan rapi 7 jahitan bertengger di kaki Serta), anyway…. Hikmahnya….jadi pelajaran untuk qta agar lebih hati2 dalam mengendarai sepeda motor di jalan umum !!!

Itu kejadian kurang lebih 8 hari yang lalu…….sampai sekarang, luka si Serta belum sembuh juga(luka jahitan masih basah n belum menyatu dengan sempurna padahal menurut teori dalam waktu 7 hari luka jahit sudah dapat bersih, kering n baik2 saja), asupan nutrisi juga diketahui tidak ada masalah…kebersihan?????tidak dapat diragukan perlindungan Serta pada kakinya teramat sangat ketat….) , akhirnya dengan penuh kesadaran dan simpati yang besar kami (nb: temen2 kelompoknya yang baik hati n….NARSIS) menyarankan untuk periksa gula darah, maka berhubung Serta juga punya aji mumpung(mumpung bisa gratisan…), dia juga berinisiatif untuk periksa golongan darah coz dari jaman dia masih imut dan lucu..belum pernah sekalipun di periksa golongan darah (juga disebabkan Serta belum pernah mengalami “kejadian luar biasa” yang mewajibkan dia tahu golongan daarahnya apa misalnya dia gak pernah dituntut untuk tranfusi darah ataupun mendonorkan darah), ternyata hasilnya luarrrrrr biasa !!!! golongan darah Serta diketahui A padahal Serta menjelaskan bahwa golongan darah ibunya B dan ayahnya O, truzzzzz  A-nya itu dari mana?????, kontan aja berbagai analisapun bermunculan…sehingga terciptalah Tanya jwab yang tidak bertanggung jawab..

Penanya 1   :” Ser……apa gak salah…coba Tanya sekali lagi, siapa tahu

golongan darah bapak ibumu salah ?”

Serta              : “Gak….emang ibukku B ayahku O kok!!!” (mantap)

Penanya 1    : “atau mungkin lab sini yang salah analisa?” (keukeuh pada

praduga tak ada salah, lebih tepatnya mengingkari

kenyataan bahwa golongan darah Serta ga cocok ma kedua

ortunya)

Penanya 2    : “atau jangan2 kau memang bukan anak kandung mereka

Serta?” (mulai menggulirkan bola panas)

Serta              : “em…………” (masih mencoba berpegang pada asas

praduga salah paham hasil pemeriksaan darah)

Penanya 3    :”Iya…ya..jangan2 emang kau bukan anak kandung ortumu

Ser…coba liat…kagak ada mirip2-nya dirimu dengan

mereka!”(sambil menunjukan bukti kuat menampilan foto2

keluarga besar Serta)

Semua peserta : ‘EH…IYA!!!!” (kompak menyakiti hati ….)

Serta                     : ’’ Ah…kalian itu…tapi emang banyak yang bilang kalau aku

tuh gak mirip hiks2” (mulai berada di persimpangan   antara

percaya atau tidak)

Penanya 2         : ”emang kau anak ke berapa Serta?”

Serta                    :” anak pertama”

Penanya 2          : ”wah…cocok itu…kau anak pancingan Serta!” (mantap

dengan kesimpulan anehnya)

Semua peserta  : ”kayaknya masuk akal”(sadis!!!!)

Serta                     : ”truzz….q anak siapa dung????”

Penanya 4           : ‘Coba bicara baik2 ma kedua ortumu sebenarnya kau anak

siapa?”(solusi yang tepat pada waktu yang

tepat………………..menjatuhkn Serta pada posisi yang sejatuh-

jatuhnya)

Penanya 5            : “atau periksa DNA aja!!!!!”

Semua peserta    : ”sudahlah Serta…..terima aja kenyataan yah….hubungi aja

ortu bwt mastiin” (menghiburkah?????…………………………  .)

Serta                       : (Jeritan hati……arrrgggghhhh…Tuhan selamatkan aku dan

pendengaranku dari celotehan mereka…)

Yang pasti….esoknya ketika ditanya lagi gimana hasil penelusuran serta tentang statusnya…dia bilang kalaw kata bapaknya ”semua itu bisa saja terjadi”

Yup….simple aja laagi he2…………..eh jangan2 emang kau anak angkat Serta????

N langsung dijawab dengan tangkas ”kalaw kalian yang bilang mah……gak ngefek!!!”

Yang pasti sampai sekarang…kasus sudah ditutup dengan tidak memuaskan, karena qta sama2 belum tahu dimana kesalahan itu berasal….

  1. apakah hasil tes laboratorium yang salah?(semoga…)
  2. apakah Serta memang anak angkat?
  3. apakah memang ”semua itu bisa saja terjadi?????

Hikmahnya…………….hati-hati periksa golongan darah

  1. Pastikan anda tahu golongn daarah kedua ortu anda
  2. Cek di laboratorium yang terpercaya
  3. validasi hasil apabila kurang sreg di hati atau menimbulkan tanda tanya daripada menimbulkan penyesalan di lain hari
  4. pastikan bicara baik2 dengan ortu bila ada ketidak sesuaian
  5. pastikan anda tidak ditemani temen2 yang bisa membuat anda tambah pusing n BETE

yang pasti ada yang lebih heboh dari kasus golongan darah Serta

Ketika suatu saat Made tampil tanpa kaca mata dan dia ”terlihat baik2 saja”, mka berbagi pertanyaan muncul dari temen2-nya

”De…bisa ngeliat aku ya???” (dengan tangan digerak-gerakin pas depan wajah Made

”De…kok gak bengong? Padahal kan gak pake kaca mata?”

”De….kok…kok…..dan kok lainnya” dan jawaban Made so simple ”aku kan pake soft lens”(dilengkapi dengan gaya ngedip-ngedipin mata segala)

”oh…….” (Koor)

”eh…kok bisa?kan ada silindernya?“

”silindernya dah ilang kok”

”kok bisa………(emang gak bisa ya pake pertanyaan tanpa kok)..pake obat apa?”

“gak pake obat!!!! Habis jatuh kemaren, silinderq ilang”

’’haaah…!!!“(koor)

’’kok bisa….?????“ (ada yang nanya telat)

’’gak tahu …tiba-tiba aja pas periksa lagi silinderq dah ilang” Made menjawab

Ternyata ada ya kejadian kayak gini…silinder Made sembuh gara-gara dia kebentur kepala-nya pas tragedi kemaren (akibatnya kemaren kaca mata made jadi berantakan n menyisakan kerangka bolong dua-duanya)……..sama kayak kita pernah denger cerita orang amnesia yang sembuh gara-gara dia kebentur kepalanya (tapi jngan dianggap bahwa penulis menyimpulkan dengan membenturkan kepala maka segala masalahmu akan teratasi…karena metode ini belum diteliti secara ilmiah dan belum ada bukti yang empiris mengenai kemanjurannya)jadi simple aja kalee…….bahwa semua itu bisa saja terjadi!!!!

Kok bisa???? Ya iyalah…masak ya iya dong…(korban slogan salah satu cara tipi)

about ruang bersalin

Posted On October 24, 2009

Filed under My profesi....

Comments Dropped leave a response

Hei….sekarang udah pindah lagi ke Rumah sakit

Di ruang yang penuh dengan kelahiran bayi tiap jam-nya

Dan senyum ibu yang terkembang ketika bercerita kisah persalinannya

Dan baangganya saat memeluk si buah hati dalam dekapan

Berada disini bagaikan mengurai kembali kisah indah para ibu dengan kekuatan cinta yang luar biasa

Bahkan kekuatannya sanggup menahan tembok gedung berton-ton beratnya, yang karena kuatnya sannggup menahan lapar berhari-hari lamanya

Dan itulah cinta……..

Dan yang pasti hewan dengan kemampuan pikir paling rendahpun mempunyai cinta ini, maka bagaimana dengan manusia…….. (orang cerdas jawab ndiri he2)

Tapi…bagaimana dengan ibu yang rela menggugurkan bayinya karena malu??

Maka rasa cinta itu ada dalam penyesalannya……saat meningat atau saat mengambil keputusan itu

Yang pasti penyesalan itu pasti ada,dan cinta seorang ibulah yang terrefleksi didalamnya

Ada Hantu di Asrama

Posted On October 24, 2009

Filed under My profesi....

Comments Dropped one response

@ Pandaan in the last night

Setelah 2 minggu tinggal diasrama panti, baru Sore ini heboh…..ada salah seorang temen yang melihat lampu kamar mandi sebelah menyala, padahal kan gak ada penghuninya ????.

lebih heboh lagi saat salah satu kaamar kami tergenang air yang gak tahu asalnya darimana…..maka semakin kuatlah diagnosa awal kami ketika masuk disini (yaitu adanya hantu b.d lamanya tidak dihuni, adanya kuburan+ pohon beringin buesar tepaat di belakang asrama )

maka dengan bukti2 yang ada, kami sampai pada kesimpulan akhir bahwa di sini benar-benar ada hantunya…….maka jadilah malam ini kami tidur dikamar ber-7 (kapasitas pertama adalah 4 orang satu kamar)

Kabar adanya hantu di asrama ini sudah beredar sejak sebelum kami tiba, dan semakin menguat ketika kami memasuki asrama di hari pertama, coz adanya kuburan yang dilengkapi dengan hadirnya pohon beringin gedhe dan tua yang terletak pas di belakang asrama, menambah serem lagi adalah cerita yang kami dapat dari Bu Pur (catering kami) bahwa kemaren ada nak kesurupan di sini dan adanya hantu tanpa kepala yang menghuni asrama ini jauh sebelum kami datang (ya…iyalah)

Pertama…reaksi kami biasa aja, malah kalau ada salah seorang yang mempunyai firasat aneh mereka diam saja dan tidak mengabarkan pada yang lain (biasa…jaga ketentraman, dan baru terbongkar saaat2 terakhir)

Percaya atau tidak, kalau aku sich percaya aja..karena memang kita kan hidup berdampingan dengan mereka, tapi masalah mereka menampakkan diri atau tidk tergantung kitanya jug yak an? Namanya saja di dunia yang berbeda, maka seharusnya kita dan mereka tidak akan bertemu, tapi kalau memang ada yang pernah melihat satu sama lain, kemungkinan yang terjadi adalah :

  1. si mahluk halus adalah pengangguran iseng dan pengen ngerjain karena emang gak ada kerjaan
  2. si mahluk halus ngiri…coz kan mereka bias ngeliat kita, jadi kalau kita heboh and rame mereka juga bising, tapi kita gak ngeliat mereka, jadi dibikinlah kita bisa ngeliat mereka biar kita kapok dan ngerasain gimana rasanya keganggu ama yang lain
  3. si mahluk halus pengen kenalan karena kita keren2
  4. si mahluk halus kesepian jadi pengen ngajak main ”tampak-tampakan”
  5. si mahluk halus lagi belajar cara nakut-nakutin he2
  6. etc…etc….(boleh nambah alasan lain kok kalaw punya ide)

tapi yang pasti mereka gak bakalan ngegangguin kita kalaw kita juga gak gangguin mereka, artinya jangan suka main-main manggil2 mereka (siapa thu saat kita mnggil si hantu lagi sibuk…kan BT kalau lagi sibuk dipanggil terus)

tapi fenomena aneh ini emang ada di asrama kami. Hal ini dibuktikan dengan :

  1. ada yang main-mainin saklar lampu kmar mandi kamar yang aq tempati (yang pasti bukan salah satu dari kita) yang terjadi selama beberapa hari saat malam, tapi untungnya lampunya mati coz rusak..jadi gak begitu serem deh efeknya he2, lagian kita yang kebetulan disana tenang-tenang aja jadinya BT kali ya dia…akhirnya dia nampakin diri dalam wujud bayangan putih di kamar sebelah he2 (menurut pengakuan tetangga kamar yang ngeliat bayangan di jendela belakang, dugan bahwa itu adalah orang sangat gak masuk akal karena kamar kami di lantai 2, lagian ngapain ada orang tengah malam ngelayap disana)
  2. ada salah satu anting temen yang ilang di kamar mandi, and ketemu 2 hari setelahnya di lantai kamar mandi (padahal sueeee…..rrrrr dia bilang udah dicari ampe ujan keringet tuh anting gk ketemu di seluruh bagian kamar mandi mulai dari bak, ujung, lantai sampai atap…Loh???!!!!), ternyata dia ngaku teriak kenceeeee..ng banget malam itu di kamar mandi karena kaget ada cecek (sampai2 hantunya kaget kali ya, jadi dia sebel)
  3. salah satu temen ada yang ngedenger langkah kaki di luar kamar kami tengah malam
  4. Mbah Darmadi bilang di asrama memang ada hantunya…gak main2…wujudnya hantu tanpa kepala, n udah pernah menampakan diri 3 minggu kemaren dan bikin salaah satu mahasiswa yang lagi disana kesurupan
  5. the last……ternyata kamar yng ada ”penghuninya” adalah kamar-q……………….

True or not….just wanna share about them…..

Next Page »
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.